Juli 04, 2013

GAME ATAU HACK? DUA-DUANYA AJA DEH!

Ane sekarang lagi buat suatu project untuk iseng-iseng berhadiah aja :v

Mungkin diantara kalian tahu RPG Maker VX Ace?
Ya, produk terbaru dalam seri RPG Maker Series di Enterbrain yang diluncurin tahun 2011 yang lalu
akan ane ubah jadi Bahasa Indonesia, setelah tahun kemaren (2012) dialih bahasakan ke Inggris, bahasa internasional
But, anyone users don't get a meaning of English text in RPG Maker VX Ace, makanya disini ane akan mencoba untuk nge-translate RPG Maker VX Ace... of course! to Indonesia...
Ini merupakan tribute dari RPG Maker VX Bahasa Indonesia oleh Galih Rakashiwi (KID_VX - RPGMakerID)
tetapi mungkin agak imbalance bagi ane, keliatan dari UI-nya...

Well, Semoga saja Enterbrain mungkin menyetujui project ini dan membuat Enterbrain memunculkan ide barunya yaitu: Language Menu :v

(Mungkin LN menyebutnya suatu tindakan Ilegal: mengubah isi dari program tanpa seizin pembuatnya, tetapi disini... maupun RPG Maker VX/VX Ace ditranslate ke Indonesia agar melancarkan masalah ataupun kendala pengguna yang "kesulitan" dalam berbahasa Inggris, dan bertujuan juga... yang gak bisa Bahasa Inggris saja bisa buat game...
RPG Maker VX Ace versi Jepang, Portugis saja ada, kenapa Indonesia tidak? (yah iyalah Enterbrain dari Jepang kok -_-"))

Mungkin inilah Bagian-bagian yang ane translate-in di dalam RPG Maker VX Ace:

  • UI (Menubar, Database, Character Generator, Description)
  • Deskripsi di Script RGSS3 (Biar yang gak bisa Inggris, tau kerja dari Bahasa Pemograman, khususnya Ruby...)
  • Help File di RPG Maker VX Ace
Klo mau kasih tau Tools yang ane gunain untuk RPG Maker VX Ace Indo ini, ane kasih tau serta SS nya:
(Sumber gambar dari FB ane)


Resource Hacker, buatan Angus Johnson.. fungsinya untuk meng-hack data-data yang terkandung di file EXE, DLL...
ini Free kok :v
 
GridinSoft CHMEditor, Editor untuk CHM File (btw, CHM itu singkatan dari Compiled HTML Help, tapi dengan nih progie, kita bisa mengubah teks dari CHM, maupun mengubah resource kayak gambar, dll disini...), tetapi nih progie berstatus shareware, sempat cari warez SN nya di p30download :v

NSIS (Nullsoft Scriptable Install System), fungsinya untuk membuat setup Installer untuk RPG Maker VX Ace Indo ini (ane bakal buat dua installer kayaknya, Language Patcher dan Project.Lang Patcher (Untuk ngepatch bahasa Indonesia ke dalam Project))

Project ini akan di-update seiring waktu di Blog ane dan mungkin minta bantuan dari orang yang baca nih artikel untuk menghack RGSS301.dll (mungkin) untuk diambil source codenya dan diutak atik :v
Project ini mungkin akan rilis pertama kali pada bulan (Insya Allah) Oktober nanti... selama tidak ada halangan :) 

dah, ane mau nerusin nih project :v...







4 komentar:

Mohon untuk tidak mempergunakan akun Anonim untuk mengomentari artikel ini.
Please don't using an Anonymous account to comment this article.

    This section will be created as random absurd quote. Stay tune~!
    Locations of visitors to this page


    If you want to sharing link with me,
    Place this banner to your blog, and contact me.